Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung . Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak ada printer yang sama dan sama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut Node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node..



Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang behubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CdRom, Printer, Sharing File, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar inframerah(infrared).

Jenis Jaringan :

 LAN(Local Area Network)

Yaitu jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah uriversitas respati indonesia, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 KM persegi.


 MAN (Metropolitan Area Network)

Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh : Jaringan Suatu Bank dimana seluruh kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.


 WAN (Wide Area Network)

Yaitu suatu jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK MANDIRI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.
Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menggunakan kantor cabangnya yang ada si Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat complex, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam Komunikasi Global seperti Internet, tapi bagaimanapun juga baik LAN, MAN maupun WAN tidak jauh berbeda dalam beberapa hal, yang menjadi ukuran adalah lingkup areanya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
Kolom Iklan
--------------------------
Bikin Web bisnis?Design web?
? Ga perlu mahal!!php database lagi
Hubungi kami sekarang Juga!!
< idpreneur

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

 
Copyright © I'am WriTing FRee
Powered by www.google.com | Bloggerized by Oriza's